Senin, 10 Maret 2014

Apa itu HTML dan cara belajar HTML|:.Belajar HTML Lengkap Dan Gratis


Apakah anda baru akan terjun ke dunia maya (internet) dan ingin belajar HTML untuk bisa membuat website sendiri dengan design-design buatan sendiri agar terlihat lebih profesional ?

Jika iya jawabannya,anda tidak salah mengunjungi blog ini karena di dalam blog ini anda akan mendapatkan tutorial-tutorial lengkap mulai dari basic (dasar sekali) mengenai HTML hingga tingkat mahir dengan gratis dan yang lebih istimewanya lagi di dalam blog ini terdapat tutorial,selain berupa artikel atau posting anda juga dapat mendownload ebook-nya dan juga video tutorialnya,jadi bisa dikatakan bahwa blog ini adalah blog belajar HTML lengkap dan gratis,mulai dari tutorial belajar HTML berupa artikel atau postingan blog,ebook tutorial belajar HTML hingga video tutorial

Belajar HTML yang di sajikan “sama” dalam arti mulai dari tutorial dalam bentuk posting atau artikel blog sampai ebook dan videonya sama jadi antara ke tiga sajian tersebut tidak berbeda ini dimaksudkan agar anda tidak bingung dalam memahaminya,bayangkan saja jika ketiga cara penyajian tutorial tersebut berbeda antar satu dengan yang lainnya,tentu akan membuat anda bingung memahaminya.

Baiklah mari kita kenali dulu seberapa pentingnya belajar HTML ini :

Di internet sekarang ini sebenarnya kita bisa saja mendapatkan banyak template blog maupun website dengan cara mudah baik itu gratis dan berbayar,serta tentu terdapat perbedaan yang menonjol dari kedua item tersebut,namun tahukah anda jika kita memahami tentang ilmu HTML maka tidak sulit bagi kita untuk menghasilkan sebuah template blog maupun website kita lebih responsive dan itu hasil karya kita sendiri kita bebas berekspresi dan mengekspresikan diri kita di dalam dunia blogging dengan memahami HTML ini,jadi jika anda saat ini berniat untuk terjun ke dunia internet dan ingin memulai dunia blogging tentu ini alasan mengapa blog ini ada yaitu untuk membantu orang-orang seperti anda yang punya semangat tinggi untuk belajar.

Lalu apa hanya itu alasan kenapa penting memahami dan belajar HTML ?

Tidak !! saya katakan tidak masih banyak yang lainnya,dunia blogging sekarang ini berkembang sangat pesat mengikuti perkembangan internet dan sekarang ini kegiatan blogging bukan hanya terbatas pada berkarya dalm bentuk artikel dan posting serta berbagi dan share ilmu yang kita miliki.seorang blogger pun bisa sambil menghasilkan uang dari kegiatan bloggingnya.inilah alasan selanjutnya tentang pentingnya memahami HTML karena di dalam kegiatan blogging akan sangat di perlukan dalam hal edit meng edit blog.

Hanya itu yang bisa saya sebutkan dari begitu banyaknya hal penting belajar HTML untuk blogging karena jika disebutkan semua akan membuat anda bingung,namun jika anda membaca artikel saya sampai pada tahap ini berarti anda sudah mempunyai niat untuk belajar HTML
 
baiklah untuk belajar HTML anda dapat menggunakan program HTML seperti Ms FrontPage, Dreamweaver atau Text Editor (Notepad),namun pada tutorial-tutorial yang terdapat pada blog ini akan di ajarkan dengan menggunakan teks editor yang sangat mudah dan simple yaitu Notepad,nah jika anda belum mengetahui apa itu notepad saya akan beritahu,notepad merupakan salah satu teks editor dari sekian banyak software teks editor yang simple notepad ini software teks editor bawaan dari windows (OS) yang terinstall otomatis pada computer atau laptop anda jika menggunakan windows (OS) sebagai operasi system computer atau laptop anda.namun jika anda ingin teks editor notepad yang lebih interaktif lagi anda dapat menggunakan notepad++ bisa anda cari di internet.


Baiklah saya rasa anda sudah memahami tentang teks editor notepad di atas,dan sekarang “Bagaimana cara belajar HTML dengan tutorial-tutorial pada blog ini ?”
Berikut ini caranya,saya sarankan bealajarlah “step by step “ /tahapan demi tahapan mulai dari dasar hingga mahir agar terstruktur dalam memahaminya,dan tidak bingung,dan langsung “praktek” kenapa saya beri cetak tebal pada kata praktek tersebut,karena dengan praktek lah kita akan lebih memahami suatu ilmu yang kita pelajari.

lalu bagaimana caranya ?,caranya,anda copy dan paste setiap code yang terdapat pada setiap tutorial pada blog ini setelah itu anda preview menggunakan browser internet anda untuk melihat hasilnya dan pahamilah dengan cara membaca ulang tutorial yang anda pelajari dan yang anda copy paste kan code HTML tersebut.

Lalu apakah saya (admin) blog ini sangat memahami apa itu HTML ?

Tidak !!!!!!! saya katakan sama sekali tidak,saya tidak begitu memahami banyak tentang HTML ini,namun rasa ingin berbagi saya begitu besar melebihi pengetahuan saya mengenai HTML ini,dan itu menjadi alasan kenapa saya berani membuat blog ini,namun di dalam setiap tutorial-tutorial HTML yang saya share di blog ini saya usahakan di sampaikan dengan cara yang mudah untuk dipahami,karena anda belajar sayapun masih belajar hanya masalah waktu saja,karena saya (admin) blog ini,lebih dulu belajar HTML nya,hanya itu saja dan kesimpulannya kita belajar bersama memahami HTML ini.
Untuk itu saya sangat berterimakasih jika di dalam tutorial-tutorial HTML di blog ini di kritik dan di berikan saran,yang bersifat membangun untuk perbaikan blog ini
demikian sambutan dari saya sebagai admin blog ini,dan selamat belajar

belajar HTML | Pengenalan HTML

Pengertian singkat tentang HTML

HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan bahasa standar untuk membuat suatu dokumen HTML (halaman web) yang terdiri dari kode-kode singkat tertentu, dimana dengan kode-kode tersebut akan memerintahkan Web browser bagaimana untuk menampilkan halaman Web yang terdiri dari berbagai macam format file seperti teks, grafik, animasi, link maupun audio-video.
Dengan kata lain kita sebagai editor menyampaikan perintah terhadap web browser untuk menampilkan sesuatu di halaman web browser tersebut namun kita sampaikan perintah-perintah tersebut menggunakan bahasa HTML

Lalu apa itu web browser ?
Web browser merupakan software penjelajah internet,lalu apa hubungannya dengan belajar HTML ? ini dia Web browser merupakan   sebuah progam yang dapat menterjemahkan kode perintah dari dokumen HTML tersebut ke dalam halamannya sehingga dapat kita lihat, baca dan dengar. Contoh dari Web Browser adalah Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla Firefox, Opera, Safari dll.
Dengan kata lain kita melihat benda kecil menggunakan alat berupa mikroskop,jadi benda yang kita lihat merupakan Dokumen HTMLnya sedangkan mikroskop merupkan web browsernya yang bertugas mengidentifikasi benda apakah yang kita lihat menggunakan mikroskop tersebut.

HTML mempunyai file perluasan (extention) htm atau html. Dimana kedua perluasan tersebut adalah sama, jadi anda boleh menyimpan file dokumen HTML dengan extention ".htm" atau ".html".
Jadi untuk membuat sebuah dokumen HTML kita harus menyimpannya dengan extention “.htm” atau “.html” dengan begitu browser akan mengenal dokumen tersebut dan di terjemahkan sebagai dokumen HTML.

Baiklah berikut ini langkah membuat HTML baru menggunakan teks editor notepad. Di bawah ini kita akan membuat sebuah dokumen HTML yang sangat sederhana kita akan menampilkan teks “Sedangkan ini adalah halaman dari web,dimana pada     halaman ini dapat menampilkan teks,audio,video,animasi dll ” pada web browser
Berikut ini langkah-langkahnya :

1. Buka notepad dengan cara klik start lalu pada kotak “search        programs and files” ketikkan “notepad” (tanpa tanda petik) lalu tekan Enter pada keyboard lihat gambar dibawah ini :


belajar-HTML-pengenalan-dasar-HTML

2. Copy dan paste kode di bawah ini ke dalam notepad tersbut lihat gambar :

<html>

<head>

<title>Ini adalah title dari halaman website</title>

</head>

<body>

Sedangkan ini adalah halaman dari web,dimana pada     halaman ini dapat menampilkan teks,audio,video,animasi dll

</body>

</html>



belajar-HTML


3.     Kita simpan dokumen HTML tersebut dengan nama file “latihan” dan jangan lupa “.html” atau “.htm” sebagai perluasan extentionnya dan saya disini menggunakan “.html” sebaiknya andapun sama agar tidak bingung,lalu untuk lokasi penyimpanannya kita simpan saja di desktop komputer kita untuk memepermudah aksesnya nanti lihat gambar :


belajar-HTML-cara-Menyimpan
 
Keterangan :
1.     Klik file
2.     Klik save as
3.     Desktop
4.     Isi file name dengan “latihan.html” (tanpa kutip)
Save as type : all files
4.lalu klik “save” dan pergi ke desktop anda dan cari file yang bernama “latihan” tanpa kutip inilah file html yang telah kita buat.lihat gambar :


belajar-HTML-cara-menyimpan-file-HTML
Keterangan :
1.     Klik save
2.     File “latihan” (tanpa kutip),pada desktop yang telah kita buat

5.lalu klik kanan pada file “latihan” tersebut untuk membukanya menggunakan Mozilla firefox (web browser). Lihat gambar :


belajar-HTML-cara-membuka-file-HTML
Keterangan :
1.     Klik kanan pada file
2.     Klik open with
3.     Klik firefox

6. Tunggu loadingnya dan lihat hasilnya seperti di bawah ini :
Keterangan :


belajar-HTML-preview
1.     Title dari web
2.     Halaman dari web

Sekarang kita cocokkan dengan kode pada notepad dengan hasil tampilan web browser untuk memahaminya


belajar-HTML-preview-html

Keterangan :
1. Nomor 1 Pada web browser dan nomor satu pada kode di notepad tulisannya sama bukan yaitu “ini adalah title dari halaman website” hanya saja pada notepad teks tersebut di apit dengan kode “<title>” dan “</title>” seperti ini “<title> ini adalah title dari halaman website </title> “ kenapa bisa begitu ?
2.     Nomor 2 pada web browser dan nomor 2 pada kode di notepad tulisannya sama bukan yaitu “Sedangkan ini adalah halaman dari web,dimana pada     halaman ini dapat menampilkan teks,audio,video,animasi dll” namun pada kode notepad tulisan tersebut di apit oleh kode “<body>” dan “</body>” seperti ini “<body>Sedangkan ini adalah halaman dari web,dimana pada     halaman ini dapat menampilkan teks,audio,video,animasi dll <body>” kenapa bisa begitu ?
Mari kita kupas di bawah ini


catatan :*Lakukan hal yang sama untuk contoh-contoh selanjutnya dalam membuat file html mulai dari langkah 1 sampai dengan langkah 5 dan buat folder baru pada dekstop anda dengan nama “latihan HTMLKU” yang akan kita gunakan untuk menyimpan file-file latihan selanjutnya agar lebih mudah proses aksesnya !!!!!
Perintah didalam dokumen HTML terdiri dari berbagai struktur penyusun seperti :
1.     Tag
Tag terdiri dari lambang-lambang khusus seperti: " <", " >" dan "/", untuk menuliskannya di dalam dokumen HTML dimulai dengan tag pembuka " <…>"dan diakhiri dengan tag penutup " </…>"
2.     Elemen
Elemen HTML Merupakan teks tertentu di dalam html yang di tulis di dalam tag “<Elemen HTML>” yang memiliki atribut dan nilai tertentu,
Attribute merupakan pelengkap dari elemen-elemen HTML untuk mendefinisikan suatu perintah tertentu seperti contoh untuk membuat warna latar belakang (background): maka kita membutuhkan elemen body yang akan kita ubah background colornya,lalu kita pun membutuhkan atribut “bgcolor” yang berfungsi sebagai atribut,yang memerintahkan bahwa kita ingin merubah atau membuat background color dari elemen body,dan kita pun membutuhkan nilai dari atribut yang berfungsi sebagai isi dari perintah atribut “bgcolor” tadi akhirnya penulisan codenya seperti ini “<body bgcolor="0000ff">”, body merupakan elemen, bgcolor adalah atribut dan 0000ff merupakan nilai (value).
Tiga hal penting Elemen HTML yaitu:
1.     Tag pembuka (awalan)
2.      Isi (nilai atau value)
3.      tag penutup (end atau akhir)
Ketiga hal penting di atas tidak boleh terlewatkan,karena ini sangat penting dan salah sedikit saja maka code yang kita tulis tidak akan terbaca dengan baik.
Jadi analoginya seperti ini :
Keterangan :
1.  Merupakan browser Mozilla firefox yang kita minta untuk membca file html yang kita buat menggunakan notepad
2. Setelah membaca browser pun memprosesnya,salah satunya mengklasifikasikan jika teks yang di tulis di apit oleh elemen pembuka title dan penutup title maka akan di tampilkan pada title begitupun dengan teks yang di tulis dan di apit oleh elemen yang lain misalkan elemen html
3. Hasil dari proses baca,akan di tampilkan oleh web browser pada halamannya,seperti itulah kira-kira cara kerja browser dalam membaca file html dan elemen html.
Jadi kesimpulannya,dalam penulisan script html harus memiliki tag pembuka dan tag penutup (harus berpasangan) Sebagai contoh: Elemen html mempunyai tag pembuka " <html>" dan tag penutup " </html>" dan yang berada diantaranya merupakan isi atau konten dari elemen html tersebut.
Untuk menuliskan Elemen HTML bisa menggunakan huruf besar maupun huruf kecil. Contoh: <HTML>, <HtMl>, <HTml>, <html>, semuanya adalah sama.

Berikut ini Tag Dasar HTML
Komponen dasar dari suatu dokumen HTML terdiri dari tag elemen HTML, HEAD dan BODY. Ini sangat dasar sekali,Berikut ini adalah penjelasan dari Tag Elemen tersebut:


<html>

<head>

<title>isi dari elemen titel</title>

</head>

<body>

Disini isi yang akan di tampilkan oleh web browser,baik itu teks audio video dll

</body>

</html>

Keterangan dan penjelasan :
1. Tag  HTML diatas adalah: " <html>" tag ini merupakan awal dari suatu dokumen HTML, dan tag " </html>" merupakan akhir dari dokumen HTML. Isi keseluruhan dari suatu dokumen HTML selalu berada diantara tag <html>…</html>.
2. Kemudian tag " <head>…</head>" (header) adalah informasi dari dokumen HTML. Informasi di dalam header meliputi: title, meta, style, script dll. Selain Title informasi di dalam header ini nantinya tidak akan di tampilkan di web browser
 3.Tag  " <title>…</title>" merupakan bagian dari Head, tag ini     adalah sebagai Titel dari dokumen HTML, titel ini akan tampil di titel dan tab browser. Sebagai contoh sewaktu anda membuka file contoh diatas perhatikan akan muncul tulisan "isi dari elemen titel".
cara-belajar-HTML
4. Tag "<body>…</body>" merupakan isi dari suatu dokumen HTML yang akan ditampilkan di web browser, yang terdiri dari berbagai macam format file berupa teks, grafik, link, animasi maupun audio-video (multimedia).

Apa itu HTML dan cara belajar HTML

Demikian artikel mengenai Apa itu HTML dan cara belajar HTML-Dari belajar HTML Lengkap Dan Gratis,untuk penjelasan yang belum anda pahami diatas silahkan berkomentar di kotak komentar dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar